Pages

Rabu, 01 Desember 2010

Cara Sehat Minum Kopi


Minum kopi sepertinya tidak lepas dari para bloger dan pekerja kantoran yang bekerja hingga larut malam. Bahkan ada beberapa teman bloger yang tahan tidak makan seharian bekerja didepan komputer hanya ditemani kopi bercangkir-cangkir. Memang minuman kopi mempunyai beberapa manfaat tapi juga mempunyai efek samping yang membahayakan juga.

Peneliti Miia Kivipelto, seorang profesor dari Universitas Kuopio Filandia di Institut Karolinska Stockholm swedia mengatakan minum kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer dan dementia1. Disebutkan pada studi sebelumnya bahwa kopi memiliki khasiat dapat melindungi terhadap diabetes, yang kemudian dihubungkan dengan Alzheimer.

Kopi mengandung senyawa kafein. Kafein sering kali juga dijadikan salah satu bahan pelengkap pada obat sakit kepala. Pasalnya, kafein memiliki kemampuan mempersempit pembuluh darah ke otak (vasokonstriksi) sehingga pelebaran pembuluh darah di daerah otak yang merupakan penyebab sakit kepala bisa ditanggulangi. Bahkan, senyawa xantin dalam dosis rendah mampu merangsang susunan saraf yang sedang depresi, misalnya akibat penyalahgunaan narkoba atau kecanduan alkohol.

Minum kopi juga berbahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal dengan akibat produksi urin bertambah. Jadi, jangan heran kalau tak lama sehabis mengkonsumsi kopi kandung kencing cepat penuh.

Minum kopi terlalu banyak juga tidak baik untuk wanita, karena akan mengurangi tingkat kesuburan dan bisa menambah risiko kekeroposan tulang (osteoporosis).

Sekalipun demikian mungkin jarang kita mengamati apa manfaat atau dampak negatif kopi bagi kesehatan. Paling-paling yang kita tahu setelah minum kopi badan terasa segar dan rasa kantuk hilang.

Berikut ini tips minum kopi yang nikmat dan sehat:

1. Porsi
Meski belum ada penelitian berapa jumlah kopi yang boleh diminum per harinya, namun kebanyakan penelitian mengungkapkan, minum 300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak akan memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat.


2. Kenali Kandungan Kafein
Setelah mengetahui porsi dan tanda bahaya kopi pada tubuh, ada baiknya Anda juga mengetahui kandungan kafein dalam produk-produk yang sering dikonsumsi. Beberapa produk lain yang mengandung kafein misalnya softdrink, permen kopi, teh, cokelat, dan obat sakit kepala.


3. Coffee Mix
Untuk setiap 6 ons kopi, kita bisa kehilangan 5 mg kalsium. Namun, kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol menjadi kurang baik, terutama bagi orang dengan gangguan hati. Dan campuran kopi dengan krim juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori berlebih.


4. Kenali Tanda Bahaya!
Sebaiknya kenali kapan harus berhenti minum kopi. Misalnya, jika mulai merasa gelisah, jantung berdebar, gangguan mood (misalnya, cepat marah), berhalusinasi atau tak dapat tidur sepanjang malam

0 komentar:

Posting Komentar